Kebanggaan Keluarga

Tak Hanya Bersenang-Senang, Ini Manfaat Traveling yang Perlu Kamu Ketahui

Wednesday, January 2, 2019
ibu profesional jakarta

Bismillah,

Adakah diantara kita yang tidak suka travelling atau bahkan mungkin belum pernah sama sekali traveling? Traveling dapat memberikan banyak manfaat, lho. Simak manfaat traveling berikut ini.

Travelling atau traveling memiliki arti yang sama, yaitu bepergian. Bagi sebagian orang traveling merupakan kebutuhan yang sangat penting setelah sekian lama kita melakukan begitu banyak aktivitas fisik maupun non-fisik yang menguras emosi serta pikiran. Namun bagi sebagian lainnya traveling hanya membuang waktu dan uang secara percuma saja tanpa ada manfaatnya.

Semua itu tergantung bagaimana masing-masing kita memposisikan traveling sebagai sebuah kebutuhan atau sebuah kemubaziran. Karena traveling tidak melulu merupakan hal yang negatif jika kita melakukannya dengan niat men-tadabur-i alam ini sebagai wujud syukur kepada 'Sang Pencipta'. Namun, traveling bisa menjadi suatu yang sia-sia jikalau hal tersebut dilakukan hanya untuk bersenang-senang belaka tanpa ada manfaat yang diambil dari sebuah perjalanan.

Sebuah perusahaan mengadakan traveling dengan konsep 'family gathering' bermaksud mempererat hubungan keluarga diantara para karyawannya. Selain itu, dalam kegiatan yang diadakan juga di selipkan muatan positif agar terjalin ikatan emosional antara atasan dan bawahan. Hal seperti ini bisa menjadi motivasi bagi karyawan agar nantinya bekerja dengan lebih baik serta lebih berprestasi lagi.

Traveling bersama keluarga dapat mempererat hubungan keluarga (dok. pri)
 Sedangkan dalam sebuah keluarga, tujuan traveling banyak macamnya. Ada yang sekedar untuk menghilangkan kepenatan saja setelah beraktivitas selama beberapa waktu, namun tak sedikit keluarga yang menjadikan traveling sebagai ajang untuk mempererat hubungan dengan pasangan dan anggota keluarga lainnya. Jadi tidak semua traveling dilakukan semata-mata hanya untuk bersenang-senang saja. Dan alasan orang melakukan traveling itu sendiri karena memang mempunyai banyak manfaat, diantaranya yaitu;

1. Meredakan stres

Berbagai penelitian selama 30 tahun terakhir menunjukkan hasil yang konsisten bahwa individu akan merasa dirinya lebih baik dan lebih bisa mengatasi stres setelah melakukan traveling. Contoh pada penelitian tahun 2011 terhadap 3.500 traveler menunjukkan adanya manfaat yang sangat besar yang dirasakan oleh mereka yaitu menjadi lebih bahagia dengan seringnya melakukan traveling.

2. Menurunkan risiko terserang penyakit

Dow menulis, pada penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 12.000 laki – laki yang mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit jantung, ditemukan bahwa orang yang melakukan lebih banyak traveling mempunyai resiko penyakit jantung dan stroke yang rendah. 

3. Membangun dan mempererat ikatan persaudaraan

Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa lebih dari setengah remaja yang masuk dalam survei merasa adanya kekuatan dan kedekatan yang terbangun dalam keluarga setelah melakukan traveling dengan keluarga. Selain itu, 93% remaja mendeskripsikan perjalanan bersama keluarga merupakan kesempatan untuk quality time dengan orang tua mereka.

4. Pembelajaran yang abadi

Dalam suatu perjalanan panjang, seringkali kita dituntut untuk bisa mengambil keputusan secara tepat dan cepat. Hal inilah yang menjadikan traveling sebagai sarana edukasi untuk pengembangan diri karena pembelajaran yang berharga adalah pengalaman itu sendiri.


5. Menambah wawasan baru

Traveling dapat digunakan sebagai alat untuk menambah wawasan baru tentang ilmu pengetahuan. Ketika kita mengunjungi suatu tempat yang baru, pasti akan ada hal baru yang kita jumpai, seperti kebudayaan, suku, geografi dan lain sebagainya. 

6. Membangun jiwa kemimpinan dalam diri

Menurut Dow, travel dan leadership adalah sesuatu yang saling melengkapi. Pada dasarnya, traveling mempunyai peranan yang signifikan sebagai upaya agar diri kita tetap sehat, baik secara fisik, mental maupun emosional. Menurutnya, ketiga hal inilah yang bisa membawa diri kita aktif membangun dunia ini menjadi lebih baik.

Traveling ke makam KH. Hasyim Asyari (dok. pri)
Traveling tidak harus pergi ke suatu tempat jauh dan mahal, namun bisa dilakukan di mana saja. Intinya, luangkan waktu kita untuk sejenak lepas dari rutinitas harian yang selama ini menyita waktu dan merebut kebahagiaan kita. Jadi, buat siapa saja diantara kita yang selalu sibuk dengan urusan pekerjaan dan belum pernah memanfaatkan waktu luangnya untuk traveling, lakukanlah sekarang juga! Karena begitu banyak manfaat dari traveling yang akan mengubah kita dan hidup kita, dan akan membuat kita lebih bahagia!


Sumber : Jurnal yang ditulis oleh Roger Dow, seorang presiden dan CEO dari asosiasi travel Amerika Serikat, yang berjudul “Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So” 


Nitasari
Ciputat, 23 November 2018


Biodata penulis

Penulis biasa dipanggil Nitasari, kelahiran Jakarta. Bersuamikan seorang laki-laki saleh dan penyayang keluarga, dengan dua anak gadis yang sudah menginjak remaja. Kegiatan selain menulis dan berbisnis online dirumah, membangun sebuah rumah tahfidh yang didalamnya berkumpul para ahli surga. Insya Allah. Penulis bisa dicontact melalui Facebook Nietasari Nasution.

1 comment on "Tak Hanya Bersenang-Senang, Ini Manfaat Traveling yang Perlu Kamu Ketahui"
  1. Wow, baru tahu hubungannya bisa sampai ke penyakit, ya... Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete