Kebanggaan Keluarga

Nutrient Absorption For Children

Saturday, January 19, 2019
Mengawali tahun 2019 ini, Ibu Profesional Jakarta mengadakan knowledge sharing berjudul "Nutrient Absorption For Children ". Berikut rangkuman sesi tanya jawab:





















Resume Diskusi Bebas

Mbak Diana :
Seperti yang kita tahu, atau mungkin banyak yang belum tahu bahawa Gut (sistem pencernaan) is our second brain, yang sudah semestinya kita jaga. Karena sistem pencernaan bukan hanya sekedar mencerna & membuang menjadi fese, namun lebih jauh dari itu, yakni memiliki pengaruh kepada perkembangan emosi.

Bisa lihat gambar dibawah ini ya...hubungan antara Gut dengan tubuh kita secara keseluruhan, dan juga Gut yg berkaitan dengan kesehatan emosi kita.







Q : Bagaimana meningkatkan probiotik atau bakteri baik? Selain lacto b? 

Mbak Diana : Dengan mengkonsumsi sumber probiotik alami (dari makanan/minuman) atau dengan suplementasi. (ada di materi). Untuk bakteri baik, Juga dengan mengurangi konsumsi gula terutama gula putih karena bersifat pro inflamasi dan gula pasir adalah makanannya bad bacteria 

Q : Maaf mau ikut menambahkan juga, apakah bisa dgn interlackah untuk menaikkan probiotik? 

Mbak Diana : bisa, namun interlac hanya terdiri 1 strain bakteri. Saya akan jabarkan beberpa brand ya. Jangan lupa selalu konsumsi prebiotik sebagai makanan probiotik. Bila lahir tanpa melalu vaginal birth, pernah kena antibiotik, sering makan refined sugar, sering tantrum/punya masalah emosi/stress, direkomendasikan konsumsi probiotik 2-3bulan. 

Kebutuhan bayi 5-10 billions, anak 10-20billions, dewasa >20billions 
  • Viridian 
  • Dr. Mercola 
  • Bio-Kult 
  • Terranova 
  • Optibac 
  • Swanson 
  • Lifespace 
  • Custom Probiotics 
  • Biocare 
  • Cytoplan 
  • Healthy care 
Itu merk yg jumlah CFUnya memenuhi, diantara merk tersebut yg mudah didapat di Indonesia hanya Lifespace & healthy care. Saat ini sedang diusahakan biokult & optibac masuk ke guardian. Doakan. 

Tp utk probio seperti Lbio, lactoB, probiokid & interlac jd bs dkonsumsi hanya jumlab CFU tdk mencukupi. Seperti harga lactoI,Lbio,probiokid bila beli ecer utk dikalikan 1bulan,harga akan lebih baik beli merk bagus yg saya sebutkan. Interlac jg sama, 300ribuan,tp sayangnya hr mengandung 1bakteri saja. 
  • Life space probiotic baby 6mo-3yo. 7billion CFU, 10 strains. 
  • Healthy care 7billion, 8 strains. (Cheaper than life space). 
2 brand tsb asal Aussie,sudah mudah d dapat di Indonesia via marketplace 
  • L bio: 7 strains, tidak ada keterangan berapa jumlah probiotik 
  • Lacto B: 30 million CFU (sangat jauh dr target), 3 strains. 
  • interlac oral drop: 100million CFU, 1 strains 
  • Probiokid : 3 billion CFU (paling mendekati kebutuhan), 3 strains, Ada kandungan prebiotiknya (prebiotik membantu penyerapan probio) 
Diantara 4 brand yg mudah didapatkan di Indonesia, Saya pilih probiokid. Dengan alasan diatas. Dan saya sudah membandingkan manfaat penggunaan ke 4 brand tsb 

Q : Apakah warna stool jg perlu diperhatikan, atau cukup tekstur saja? 

Mbak Diana : parameter utama feses adalah tekstur, warna bisa jadi parameter namun biasanya dari tekstur lebih mudah & akurat. Karena bila dari warna biasanya hanya berlaku pada bayi baru lahir, selebihnya untuk anak2 hanya seputaran hitam & feses dengan bercak merah (darah), karena warna feses putih / pucat sangat jarang terjadi. 

Q : Berapa lama diare yg tekturnya cair bisa ditoleransi? 

Mbak Diana : Tidak ada target berapa lama, karena tekstur cair / diare sangat ditentukan dari penanganan liquid intake agar tidak dehidrasi. Karena misal anak A pup cair 10x tari tidak dehidrasi anak B pup cair 5x tp dehidrasi jelas lebih bahaya yg B. 

maka dari itu bila terjadi diare, muntah, demam, harap semua orangtua jangan fokus ke makanan, fokuslah ke cairan, untuk membantu mereka mengeluarkan "benda asing' dalam tubuhnya. Bila dipaksa makan, sistem cernanya yg sedang bermasalah akan makin berat membuang toxin yg ingin dikeluarkan 

Q : Masih penasara dgn feses hitam. Anak saya usia 5 thn, bbrp hr ini saya perhstikan fesesnya gelap. Tapi anak tampak sehat2 saja, mba... 

Mbak Diana : Bila gelapnya ga sampai hitam ga perlu khawatir mba, warna feses jug abs dr makanan. Klo hitam bisa too much iron 

Q : 

✅Makanan yg bersifat anti inflamasi, anti oksidan, anti bakteri itu apa saja yg mudah ditemui ya mba? 

✅apakah memasak menggunakan slow cooker betul dapat menjaga nutrisi? 

✅ Untuk orang dewasa yg buncit perutnya, sebaiknya makan yg bagaimana ya mba? 

Mbak Diana : 

-banyaaaak sekali mba, herb & spicies (bumbu dapur indonesia) itu anti inflamasi & nanti oksidan rata2, bawang2an itu prebiotik, makanannya probitik. 

-tidak mba, karena makanannya dimasak dalam waktu lama. 

-Perut buncit karena metabolisme tubuh buruk, biasanya sering terjadi di orang yg makan langsung tidur, kerja shift malam, makan karbohidrat simple tapi tidak berkegiatan (inilah kenapa dihimbau makan karbo kompleks). Jadi untuk perut buncit selain olahraga juga harus atur body clock. 

Pesan Mbak Diana : 

Penting perlu kita ketahui mengenai Body Clock ya ibu ibu. karena itu kunci kesehatan kita. 

Utk yg BB stuck bs diperhatikan: 

- perbaiki pola tidur. Atur body clock, dan pastikan magnesium level dlm tubuh tidak kurang. Caranya? Get your sunshine! Sunshine is the cheapest vit.D. 

Vit.D membantu penyerapan kalsium & magnesium. Jgn hanya fokus ke kalsium kalsium kalsium, coz too much calsium dpt menghambat penyerapan magnesium. Magnesium level bs ditingkatkan dgn rendam Epsom salt (garam inggris),utk anak yg mandinya masi heboh cipak cipuk bs pilih Epsom salt food grade. 

- Perbaiki jadwal makan. Atur body clock, pola tidur benar, biasanya pola makan akan mengiringi. Kenalkan lapar=makan,bukan susu atau cemil. 

- Perbaiki hal2 yg menghambat penyerapan nutrisi. Anak pernah kena AB? Jarang makan yogurt? Atau probiotik lain? Pastikan asupan probiotik dlm tubuh terpenuhi. Dan prebiotik utk penyerapan maksimal probiotic. Probiotik bs didapat dgn suplemen, yogurt (Greek) dgn kadar gulu dibawah 6gr (bila >6gr dpastikan yogurt mengandung gula tambahan), dari makanan bs miso soup, sourkraut,kimchi, kefir. Prebiotik paling mudah dr bawang2an, masak dgn menggunakan bawang utk Bantu penyerapan probio. (Diperhatikan probiotic & prebiotic itu berbeda). Konsumsi probio saat perut kosong. Fish oil bs bantu penyerapan nutrisi. Fish oil bukan suplemen,tp makanan, konsumsi fish oil sama dgn konsumsi ikan,bila produknya natural. 

Perhatikan asupan zat besinya,IDAI menyarankan anak sampai 2th mengkonsumsi zat besi Dan dlanjutlan sampai 12th. Bila tidak ingin pilih suplemen zat besi,bs pakai spirulina powder. 

- perbaiki asupan. Pastikan sayuran hijau ada setiap hr, sajikan makanan warna warni krn jenis makanan berbeda warna berbeda kebutuhan nutrisinya, berikan good source fat (lemak baik). 

Kalau mau ikutin, ikutin sekalian secara menyuluruh. Itulah yg dinamakan holistic= whole = menyeluruh= 

Dan dilakukan dengan penuh kesadaran knp saya milih ini, apa konsekuensinya, apa harapannya, dst. 😊 


TIPS 1 DARI MBAK DIANA 

Pertanyaan Pembuka 

setelah bangun tidur, anak2 ibu konsumsi apa pertama kali sebelum sarapan? Apakah anak – anak sudah dibiasakan detox?? Detox bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan baiknya setiap hari 

Jadi… 

Detox dilakukan dengan air, tapi air yang memang terbaik. Karena tubuh kita dimobilisasi oleh air. Dan sayang sekali ibu ibu jaman sekarang justru banyak menggunakan air galon yang tidak BPA free, yang produsennya mendistribusi galonnya di truk terbuka dengan bermandikan matahari yang tanpa disadari merusak air itu sendiri karena molekul plastik yg berubah, yg menjadi toxin dalam air. 

Padahal, bila kita sadari, apalagi yg punya anak perempuan, air galon banyak menyebabkan gangguan hormon & pcos pada wanita. Sudahkan kita menjaga kesehatan reproduksi anak2 kita dari sekarang? atau hanya berfokus ke otak saja? 

Kemudian bisa detox dengan air kelapa hijau setiap hari, atau at least 3x seminggu. Dan bisa dengan honey lemon shot sblm makan, dan 1 lagi, detox yg bs dilakukan dari bayi hingga lansia adalah....detox dengan rendam epsom salt / garam inggris. Selain detox juga meningkatkan level magnesium dalam tubuh. 

Ratusan enzim memerlukan ion magnesium agar berfungsi. Maka dari itu banyak pula organ yang sangat terbantu fungsinya dengan adanya magnesium yang tersukupi. Tapi klo mengharuskan cari 1 kata yang sagat mendekati untuk menyimpulkan manfaat epsom salt adaah “detoksifikasi”. Mengeluarkan racun dalam tubuh, melemaskan otot yg kaku (berkebalikan degan manfaat kalsium yaitu utk menguatkan otot) jadi magnesium sulfat sangat cocok untuk yang ingin relaksasi, kurang tidur (karena pola tidur yang buruk dapat mengganggu metabolisme, dan jg napsu makan). Kekurangan magnesium akan menyebabkan peningkatan risiko masalah kesehatan yang terkait dengan pencernaan, stres, osteoporosis, kelelahan kronis, dll. 

Q : Honey Lemon Shot itu seperti apa ya? 

Mbak Diana : lemon ½ buah + 1 sdm rawa honey. Minum sebelum makan. Atau bisa tambaha air hangat 

Q : Lalu solusi untuk air bagaimana mbak? 

Mbak Diana : Saya sarankan pakai walter filter, dengan mengecek kualitas air kita ke sucofindo. Hanya dengan membawa sample air 1 botol. atau yg tinggal diperumahan bisa tanya ke pengelola. 

Q : Kalau mbak Diana di rumah konsumsi air minum pakai air apa? 

Mbak Diana : Saya pakai water filter mba. Dan bila ada gangguan kesehatan lain (misal lagi sering sakit kepala/ anak2 sakit) saya gunakan Hydratera. Air mineral pertama di Indonesia dengan menggunakan botol BPA free (warna hijau). 1 perusahaan dengan Equil, namun lebih terjangkau. 

Q : Air kelapa hijau seberapa banyak dalam sehari? 

Mbak Diana : Bebas mbak, Kalo saya 1 buah 1 hari, kalao gak habis disimpan lagi di hari yang sama 

Q : Jadi pakai air tanah aja ya? Air tanah dirumah ku kalau diminum agak berasa besi. Makanya pakai air galon. 

Mbak Diana : Air Tanah / pdam dicek dulu mba 

Q : Untuk rendam epsom salt, Rendam kaki saja atau seluruh tubuh mbak? 

Mbak Diana : Ini ada di materi. Yang ga ada bath up bisa renam kaki. Kalau saya pas anak2 rendam di bak mandi mereka, saya cemplungin kaki saya, jadi bareng – bareng. Kalau di bath up bisa 300 gr buat sekeluarga. 

TIPS 2 DARI MBAK DIANA 

Saya ada beberapa tips untuk yg menjalani vaksin & yang tidak menjalani vaksin. 

Proses menghindari efek samping zat tambahan vaksin: 

1. Pastikan semua masalah lambung dan pencernaan teratasi dengan memberikan probiotics from day 1 if possible 

2. Pastikan Vitamin D level anak cukup 

3. Pastikan asupan cairan cukup dan bayi tidak dehydrated 

4. 2 – 3hari sebelum vaksin, biasakan Epsom salt bath untuk membantu rileks dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk detoksifikasi, plus ini menjamin tidur lebih nyaman dan lebih lama. Bear in mind, saat kita mau memberikan vaksin, berarti kita sudah tahu kalau kita akan memasukkan penyakit kedalam tubuh anak kita, jadi jangan panic belakangan, lebih baik prepare yang cukup. Epsom salt dan tidur lebih dari cukup berlaku untuk ibu dan anak, sebagai persiapan menghadapi kalau anak sampai demam atau ada reaksi negative dari vaksin, siap2 skin to skin sepanjang malam dan hari ya bu. 

5. Siapkan Belladona, Aconite, chamomile dan Arnica 

6. Berikan Arnica dan Chamomile 1-2 hari sebelum jadwal vaksinasi 

7. Epsom salt bath lagi setelah dari klinik, bayi cukup sekitar 5-10 menit 

8. Berikan Asi atau formula on demand dan lots of skin to skin 

9. Siapkan lemon untuk jaga-jaga sebagai remedy penurun panas alami selain homeopathic remedies 

10. Apabila demam terjadi, ingat 38-38.5 baru terhitung demam pada bayi dibawah 3 bulan. Jangan buru-buru memberikan obat penurun panas. Boleh sediakan obat penurun panas untuk jaga-jaga. 

Dan untuk semua ibu, terutama yg tidak menjalani vaksin 

1. STOP makan di luar sampai wabah selesai 

2. Tingkatkan probiotik, sayuran-hijau yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam pencernaan kita untuk melawan bakteri buruk. 

3. Tingkatkan imun tubuh dengan paparan sinar matahari yang cukup, tidur yang cukup dan air putih yang lebih dari cukup. 

4. Kurangi konsumsi gula yang dapat membantu bakteri buruk berkembang biak dan memperburuk inflamasi. 

5. konsumsi Buffered Vitamin C dan Fish oils secara teratur. 

TIPS 3 DARI MBAK DIANA 

Kalo baru mau coba madu mentah terutama madu hutan, harap sedikit2 dulu ya, dari ditotol jari, worried gak cocok, biasanya muntah klo ga cocok. Karena forest honey itu kan dari berbagai nectar, dan kita ga tau ko ada nectar yg ga cocok di tubuh anak kita. Dan pastikan untuk mengkonsumsi raw honey atau madu mentah. karena belum di pasterisasi, tidak ada pemanasan & proses lainnya yg menghilangkan nutrisi madu itu sendiri. 

Madu natural blm tentu raw. Madu natural biasanya tidak ada tambahan pemanis, namun biasanya sudah dipasterisasi. 

PESAN DARI MBAK DIANA 

Kondisi sistem pencernaan yang baik akan menciptakan generasi yang cemerlang dalam banyak hal. Diluar dari proses makan & buang air besar, banyak goal-goal yang orang tua dambakan seperti level kecemasan yang rendah, menunjang level fokus dalam mengingat & belajar, managemen emosi & attitude yang terarah. Pastinya sistem pencernaan adaah hal utama yang perlu diperhatikan dalam penyerapan nutrisi. Gut is our second brain. Jadi masalah nutrisi bukan sekedar anak pintar makan & gemuk, tapi jauuuuh di atas itu. 

Sistem cerna yang buruk akan melemahkan immune system, dan menurunkan kemampuan diri dalam menyembuhkan penyakit yg datang. Pada dasarnya manusia punya kemampuan self healing, hal tsb sangat didukung oleh kesehatan sistem cerna. 

Dan sebelum saya pulang 

Jangan tidur malam2 

Karena jam 11 waktunya tubuh prepare detoksifikasi, dan jam 1-3 harus sudah deep sleep untuk detox liver. 😘

*
Narasumber
Diana Putri, SE.
IG: @dianaputri
FB: Diana Putri (diana.putri.ycc)
E-mail: dianaputri3004@gmail.com

Resume Knowledge Sharing Ibu Profesional Jakarta

Tema : Nutrient Absorption For Children 
Moderator : Ratih Sumarni 
Notulis : Beby Jovanka 
Tanggal : 17 Januari 2019
Post Comment
Post a Comment