Kebanggaan Keluarga

Profil Rumbel Menulis

Tuesday, January 9, 2018
Bunda suka menulis aliran rasa di buku diary? Atau menulis puisi dan kisah fiksi? Siapa tahu kisah-kisah Bunda dapat diterbitkan dalam sebuah buku seperti buku antologi pertama karya rumbel Menulis berjudul “Pulang”. 


Sebelumnya, kita kenalan yuk dengan rumbel Menulis.

RB Menulis IIP Jakarta adalah suatu wadah bagi para ibu yang tergabung dalam komunitas Institut Ibu Profesional kota Jakarta yang memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan. RB Menulis IIP Jakarta sendiri terbentuk pada bulan Oktober 2015. Saat ini RB Menulis IIP Jakarta beranggotakan 81 orang ibu pembelajar yang memiliki visi untuk dapat berperan aktif dan memberikan manfaat yang lebih luas dalam dunia kepenulisan. 


Rumbel Menulis digawangi oleh:
Kapten ​: Dwiagris Tiffania
Wakil Kapten​ : Rita Fithradewi
Sekretaris​ : Kartini, Ratnayani (merangkap observer)
Bendahara​ : Lia Kholisa
Pena Kecil​ : Ratih Kumala Dewi, Christine Mayavani
Tim Editor Buku​ : Dwiagris Tiffania, Leila Rizki Niwanda, Ratih Kumala Dewi, Anggit Dina Vyatra, Christine Mayavani, Vivi Ermawati 

Pena Kecil merupakan koordinator yang dibentuk terkait dengan kegiatan workshop kepenulisan ataupun penerbitan buku karya RBM IP Jakarta. Selain pengurus inti di atas, RBM IP Jakarta juga memiliki tim editor yang bertugas untuk melakukan revising dan editing buku karya RBM IP Jakarta. 


VISI
Berperan aktif dan memberikan manfaat yang lebih luas dalam dunia kepenulisan.


PROGRAM KERJA RBM IP JAKARTA
Periode Februari 2018 - Februari 2019


RUTIN
Agenda Bulanan
ü Reading Share
Reading Share merupakan kegiatan berbagi resensi atas buku bacaan para member. Selain melatih member untuk menulis, kegiatan ini juga akan menambah wawasan para member.
ü Kontributor Blog IP Jakarta.
Sesuai dengan visi RBM IP Jakarta, member juga diberikan kesempatan untu mengisi blog IP Jakarta setiap bulannya.

Agenda Tiga Bulanan
ü Blog Walking Time
Agar member dapat berperan aktif dan memberi manfaat luas dalam dunia kepenulisan, PBM IP Jakarta mewajibkan setiap member memiliki blog pribadi. Kegiatan Blog Walking Time ini adalah dimana member RBM IP Jakarta mengunjungi tulisan member lain di blog pribadinya.
ü How to Edit your Writing Projects
How to Edit your Writing Projects adalah kegiatan menelaah tulisan para member RBM IP Jakarta sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) ataupun kaidah-kaidah penulisan lainnya. Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama, semua member berhak melakukan penelaahan.
ü Sharing Santai
Kegiatan ini merupakan diskusi santai dengan mendatangkan narasumber dari RBM di seluruh Indonesia. Materi yang didiskusikan terkait dengan success story penerbitan buku yang dilakukan oleh RBM tetangga ataupun mengupas tuntas program kerjanya. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkaya wawasan member RMB IP Jakarta serta mengadopsi hal-hal baik yang dimiliki oleh RBM tetangga. Kegiatan ini juga efektif untuk memotivasi kegiatan menulis member RBM IP Jakarta.

INSIDENTAL
ü Kulwapp Kepenulisan
Kulwapp Kepenulisan mendatangkan narasumber yang memiliki kompetensi di bidangnya. Dalam waktu dekat, RBM IP Jakarta akan mengadakan kulwapp mengenai Prinsip-Prinsip Editing yang akan diberikan oleh Benny Ramdhani. Tema kulwapp lainnya adalah mengupas tuntas self-publishing, bagaimana membuat cerita anak, serta bagaimana beramal melalui buku.
ü Ketok Pintu Tetangga
Kegiatan ini berupa kunjungan RBM IP Jakarta ke RBM kota lain untuk berbagi cerita dan pengalaman. RBM IP Jakarta akan mengutus member yang dianggap mampu untuk berbagi di grup RBM kota lainnya.
ü Let’s Share It
Dalam skup yang lebih luas, banyak sekali kegiatan kepenulisan yang diadakan oleh RBM di seluruh Indonesia. Namun, tidak semua member RBM IP Jakarta mendapatkan kesempatan untuk belajar. Kegiatan Let’s Share It ini akan mengakomodir hal tersebut. Member RBM IP Jakarta (dengan jumlah terbatas) akan diberikan kesempatan untuk belajar di workshop kepenulisan RBM kota lain dengan syarat member tersebut diharuskan berbagi kepada member lainnya atas ilmu yang didapatkannya.  
ü Workshop Kepenulisan
Kegiatan offline ini diadakan guna memperkaya kompetensi menulis para member dengan mendatangkan mentor RBM IP Jakarta ataupun narasumber lainnya. Kegiatan ini juga akan mempererat ikatan emosional di antara para member RBM IP Jakarta.
ü Buku Karya RBM IP Jakarta


Dalam hal mencapai visi RBM IP Jakarta, salah satu yang dilakukan adalah dengan membuat buku. Target RBM IP Jakarta adalah membuat satu buku dalam waktu satu tahun.

Jurnal Ramadhan terbaru dari RBM IP Jakarta

Per Mei 2018, RBM IP Jakarta telah menghasilkan dua buku hasil karya para anggotanya. Selanjutnya insya Allah akan ada berbagai proyek buku lainnya. Semoga lancar, ya.

KARYA RBM IP JAKARTA
1.    Buku Antologi Cerpen "PULANG"
Soft launching pada tanggal 21 Januari 2018 dan terbit di bulan Februari 2018. Buku ini merupakan kumpulan cerita fiksi yang ditulis oleh 18 orang member RBM IP Jakarta dengan tema “Pulang”.
Spesifikasi Buku
Jumlah halaman    :    204 halaman
ISBN                       :    978-602-6648-44-0
Penerbit                 :    Stiletto Indie Book
Dimensi                  :    13 cm x 19 cm

Untuk pemesanan, kunjungi laman http://www.stilettobook.com/pulang.html.

2.    Buku “Ramadhan Seru bersama Hamzah dan Syifa”
Soft launching pada tanggal 20 April 2018 dan terbit pada awal Mei 2018. Buku ini merupakan tanda cinta dari 30 ibu pembelajar di RBM IP Jakarta untuk anak-anak Indonesia dalam memasuki bulan Ramadhan. Buku ini merupakan jurnal Ramadhan yang berisi berbagai aktivitas seru, cerita penuh hikmah, fakta unik, pengetahuan dasar Islam, serta tabel ibadah. Selain menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang sangat menarik dan bonus lembaran stiker.

FYI, buku Ramadhan Seru bersama Hamzah dan Syifa telah laris terjual 2000 eks yang menemani aktivitas Ramadhan anak-anak di seluruh Indonesia.

Spesifikasi Buku
Jumlah halaman : vi + 77 halaman isi full colour
ISBN : 978-602-514-312-0
Penerbit : Hoopoe Digital Indonesia
Dimensi : 18 cm x 24 cm

Post Comment
Post a Comment