Harmoni Keluarga Inspiratif

Nutrients Absorption For Children by dr. Andira Larasari, SpS

Sunday, April 28, 2019
Tema : Perkembangan Otak
Narasumber : dr.Andiria Larasari,SpS
Moderator : Fitria
Notulis : Oktina Fitrianti
Tanggal : 26 April 2019
Jumlah Peserta : 166 Peserta

-----------------------------------------------------------------------------------------



CV Narasumber


 Nama: dr. Andira Larasari, SPs

Pendidikan:

-         S1 Fakultas Kedokteran UI 2003-2009

-         Spesialis Saraf Fakultas Kedokteran UI 2011-2015

Profesi:

-         Dokter spesialis saraf

-         Istri dan ibu dari dua orang anak

Bidang yang ditekuni:

-         Kesehatan

-         Pendidikan anak usia dini

Aktivitas sehari-hari:

-         Istri dan ibu dari 2 orang anak

-         Praktek di RS Evasari, RSU Agung dan RSUD Sawah Besar

-         (Self proclaiming) book advisor and seller

 -----------------------------------------------------------------------------------------
 Materi



1000 hari kehidupan manusia ini terhitung dari masa kehamilan sampai seseorang berumur 2 tahun. Sangat penting sekali fasenya.


Sel saraf (neuron) sendiri terdiri dari beberapa bagian terutama akson, dan selubung mielin. Akson ini bahasa simpelnya adalah penjuluran dari neuron, yang nantinya berfungsi untuk berhubungan dengan neuron lain. Sedangkan selubung mielin adalah semacam lapisan lemak yang menyelubungi akson, sehingga akson bisa bekerja dengan maksimal. Makin banyak sel saraf yang terhubung, maka makin cerdaslah seseorang.


Titik temu antara 2 neuron ini namanya sinaps. sinaps ini adalah titik kunci dari terhubungnya 2 neuron. Bagaimana cara mengoptimalkan kerja akson, selubung mielin, dan sinaps? Akson dan mielin tergantung nutrisi, sedangkan Sinaps tergantung stimulus. Semakin banyak kita memberikan pengalaman dan stimulasi, maka semakin banyak sel saraf yang terhubung. Semakin cerdaslah anak.



Bisa dilihat perkembangan otak anak dari awal sampai 40 minggu kehamilan ya.

Otak anak mulai terbentuk di minggu kedua kehamilan. Jadi memang sangat disarankan untuk ibu2 promil untuk meningkatkan konsumsi asam folat untuk perkembangan otaknya. Perkembangan otak anak sejak dini maksudnya. Karena kalau kontrol pertama saja kan sudah 4-5 minggu biasanya.

Saat lahir otak anak 25 persen orang dewasa, di usia 3 th sudah 80 persen kurang lebih. Karena itu usia 0-3 th sering dikatakan golden age, karena perkembangan otak sedang pesat-pesatnya.

 Lalu perkembangan otak berlanjut. Di usia 5 tahun 90 persen dan baru benar-benar matang dan selesai di usia 20 tahunan.




Faktor yg mempengaruhi kualitas otak anak adalah hal-hal di atas. Genetik sudah tidak bisa diotak-atik tapi kita masih bisa berusaha di faktor eksternal.


3 tahun pertama perkembangan otak signifikan sekali.


Bisa dilihat beda sel otak anak yang faktor-faktor eksternalnya cukup dan kurang.

Pembelajaran anak sejatinya disesuaikan dengan proses kematangan anak.
Jadi harus bertahap.






 Ini faktor2 utamanya. Detail bisa dilihat di slide.

Tambahan untuk nutrisi.. ibu hamil perlu sekali konsumsi asam folat yang adekuat untuk pembentukan neural tube. Alhamdulillah sekarang gizi ibu juga sudah baik.. sehingga cacat saraf janin sudah jarang.

Untuk stimulasi juga disesuaikan dengan usia. Dan yang penting juga, literasi untuk anak bagus sekali untuk stimulasi, bisa diberikan sejak di kandungan .

  -----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Resume Tanya Jawab & Diskusi

Pertanyaan 1

Penanya: Amalia IP Jak3
Assalamu’alaikum bu dokter, anak saya 3 thn didiagnosa microcepaly dikarenakan lingkar kepalany kurang sedikit dari normal. Dan menurut neurolog sy masih bisa mengejar perkembangan otaknya. Tapi anak saya telah melampaui golden age. Apa benar masih bisa dikejar perkembangan otaknya bu? Bagaimna cara yang baik untuk membantu perkembangan otaknya? Apakah anak saya membutuhkan nutrisi otak selain dari makanan hariannya (vitamin / suplemen)? Terima kasih atas jawabannya.

Jawaban 1

InsyaAllah masih bisa mba..
Pada saat lahir otak anak 25 % otak dewasa, usia 3 th 80%, usia 5 th 90%.. dan otak baru mencapai kematangan sempurna pd usia 20 th
Jadi kalau anak mba berusia 3 th.. perkembangan masih berjalan dan masih banyak yang bisa dikejar, tergantung stimulus yang diberikan apakah bisa maksimal atau tidak.. saran saya terapi dengan profesional di klinik tumbuh kembang. Nanti akan dinilai dulu aspek mana yang perlu penanganan khusus sehingga penanganan bisa lebih maksimal. Selain itu bisa disertai pemberian stimulus di rumah. Stimulus yang diberikan baiknya multisensori meliputi 7 indera anak yaitu peraba, penciuman, pendengaran, pengecapan, vestibular, proprioseptif..
Vitamin/suplemen pada usia lebih dari 3 th sudah tidak terlalu berpengaruh mba.. maksimalkan di makanan dan stimulasi saja. Untuk suplemen otak seperti dha yg skrg lagi hits itu, lbh maksimal diberikan saat kehamilan daripada saat anak sudah lahir
😁. Karena itu direkomendasikan konsumsi dha min 200 mg per hari pada bumil.

Pertanyaan 2

Penanya: Rizka Fazanauva, IP Jakarta
1. Pada usia berapa otak anak siap menyerap pelajaran sekolah dasar?
2. Apa akibatnya terhadap otak anak jika anak disekolahkan tidak pada usia yang tepat?
3. Apakah masih bisa diperbaiki jika ada salah satu dari pendukung kecerdasan anak (nutrisi misalnya) belum terpenuhi secara baik di usia emasnya?
4. Apakah benar jika kita melakukan kekerasan verbal atau fisik, jaringan otak anak banyak yang terputus? Bisakah diperbaiki? Dengan cara apa?

Jawaban 2

1. Kalo masalah kesiapan anak SD tidak ada usia pastinya mba. Karena sekolah dasar tidak hanya bergantung pada kemampuan kognitif saja tapi tergantung juga pada kemampuan emosional, adaptasi, sosial dll. 6-7 th rata2 cukup untuk masuk SD. Bila mau lebih kecil dari itu perlu test kesiapan masuk SD menurut saya.
2. Kalau terlalu cepat, ditakutkan anak belum siap. Misalnya anak masih belum bisa fokus karena pelajaran SD memerlukan fokus sedangkan rentang fokus anak adalah 2x usianya. Semakin kecil rentang fokus semakin pendek.
3.  InsyaAllah masih bisa dikejar dan dimaksimalkan bila stimulasi dan nutrisi diperbaiki.
4. Saat anak mengalami stress (ga usah sampe kekerasan segala hehe) hormon stress akan timbul. Kalau tidak ada yg menenangkan anak makan hormon stress tdk reda dan akan menghalangi pembentukan sinaps di otak. Terutama di bagian otak yg mempengaruhi pembelajaran dan pengertian.
Cara mempebaikinya adalah dengan membentuk sinap2 baru lagi. Anaknya diberi pembelajaran dengan penuh kasih sayang
😊
Tentang pengaruh stress bisa dilihat disini juga ya: https://m.youtube.com/watch?v=rVwFkcOZHJw&feature=youtu.be

Pertanyaan 3

Penanya: Anggi IP Karawang
Assalamu’alaikum Bu dokter. Saya mau bertanya, apakah genetik kepintaran itu akan menurun pada anak nya penuh, lalu kebiasaan menurun dari ayah nya. Pertanyaan Nya apakah kepintaran dan kebiasaan anak bisa dirubah? Atau bisa diasah? Karena saya ingin anak2 memiliki otak yang cerdas untuk agama (menjadi hafidz) dan meraih cita2 nya kelak, serta memiliki kebribadian yang baik. Saya sedikit khawatir karena sy smpe detik ini blm menjadi hafidz (ada kekhawatiran tersendiri)
😢.

Jawaban 3

Sesuai dgn slide saya, bahwa kecerdasan anak terutama tergantung dari genetik, nutrisi dan lingkungan.
Genetik itu ibaratnya hanya modalnya, selanjutnya pintar2 orangtuanya untuk mengolahnya dengan memberi nutrisi yang baik, kasih sayang, lingkungan yang ramah anak, dan stimulasi baik.
Kalau untuk kebiasaan tergantung dari lingkungan mba. Misalnya kalau mba ingin anak jadi hafidz, lingkungan jg harus dibuat rutinitas mengaji, anak melihat ortunya rutin dan suka mengaji. insyaAllah anak mengikuti
😊😊

Pertanyaan 4

Penanya: Nurfiah IP Karawang
Maaf ijin bertanya, apakah penyebab epilepsi atau gangguan saraf kepala pada anak? Trus ada dampak apa aja dengan perkembangan nya? Kegiatan apa aja yang dilarang pada anak dimasa pengobatannya. Setelah masa pengobatan usai apakah saraf otak bisa berkembang normal lagi sesuai usia? Anak saya umur 6 tahun. Terimakasih.

Jawaban 4

Epilepsi bisa idiopatik (tidak diketahui penyebabnya, biasanya genetik) atau simptomatik (bisa disebabkan oleh gangguan anatomi otak, infeksi otak, stroke, tumor otak, dll). Bila sering kejang, aliran oksigen ke otak akan terganggu sehingga bisa menyebabkan gangguan perkembangan otak, lalu bisa menyebabkan gangguan motorik atau kognitif.
Tidak ada larangan kegiatan saat pengobatan. Malah sambil berobat harus banyak2 distimulasi untuk memperbaiki perkembangan otaknya.
Bila aktivitas otak sudah normal kembali bisa kok mbak. Pasien sy banyak yg terkontrol dengan obat dan bisa menjalani hidup normal, s ekolah, kerja, nikah, punya anak, hehe.

Pertanyaan 5

Penanya: Nurul inayah IP Jakarta
1. Hal. 13 dan 14 kok ga ada materinya ya mb ? 
2. Apakah dalam 1 hari, anak boleh tidak memakan protein hewani namun hanya nabati saja? Seperti tempe atau tahu.

Jawaban 5

1. Maaf mbak klo power pointnya kurang jelas. Sudah sy upload lagi di gdocs yg insyaAllah lebih jelas.
2. Boleh-boleh saja asal kebutuhan protein per harinya bisa terpenuhi. Namun baiknya menu bervariasi karena tiap makanan punya kandungan mikronutrien yang berbeda2-beda.

Pertanyaan 6

Penanya: Maya Restu Ningrum IP Jakarta
Saya pernah membaca tentang perkembangan otak manusia yg terdiri dari otak reptil, otak limbik/ pusat emosi, dan neokorteks. Saat ini saya memiliki anak yg hampir 3 tahun dan masa2nya suka tantrum dan menangis bila keinginan tidak penuhi / orang tidak mengerti perkataannya. Pertanyaannya.
1. Apakah ini karena otak limbiknya yang sedang berkembang?
2. Kami biasanya memberikan waktu dia untuk menyalurkan emosi (nangis/ marah). ketika sudah reda baru kami peluk. Betulkah cara penanganannya?

Jawaban 6

1. Otak berkembang lebih cepat di bagian belakang. Bagian frontal memang yang paling terakhir sempurna. Sedangkan kemampuan pengertian dan kognitif pusatnya disana. Makanya anak yg lobus frontal belum sempurna lebih memunculkan emosi karena pengertiannya belum sempurna.
2. Ada banyak memang teori parenting. Anak boleh diberi waktu untuk menyalurkan emosi supaya bisa mengenali jenis2 emosi dan rasanya. Tapi jangan trlalu lama (anak bisa keburu stress) dan anak hrs tetap merasa dicintai. Bisa dengan pelukan dan perkataan sayang.

Pertanyaan 7

Penanya: Fahriatul Falaq IP Salatiga
Terima kasih atas kesempatan untuk bertanya.
1. Anak sy cewek 4 thun, masih mengalami disorentasi arah. Sering tertukar antara kanan dan kiri, apakah ini gejala awal disleksia? Gimana cara memahamkan dan terapinya?
2. Anak sy y kecil usia 9 mo, post op meningoencephalocele Occipital Infratentorial + hydrocephallus. Bagaimana mendeteksi dan meminimalkan delay tumbangnya? Terapi yang cocok seperti apa?

Jawaban 7

Untuk memahamkan bisa dengan permainan yang di dalamnya ada tentang arah2 mba. Misalnya maze, petak umpet dll.. anak perlu sering diingatkan. Jujur saya sampai sekarang jg kadang suka salah kanan kiri 😅😅.
Biasanya anak usia 3-5 th sudah bisa membedakan kanan dan kiri. Bila sampai usia 5 th masih tidak lancar mungkin bisa diperiksakan ke psikolog agar yakin.
Disorientasi kanan kiri memang salah satu gejala disleksia, tapi untuk penegakkannya perlu dilihat gejala2 lain juga.
Oiya maaf pertanyaan yang kedua belum saya jawab. Biasanya skrining tumbuh kembang dengan denver. Tadi mau saya lampirin tapi internet jelek. Nyusul ya.
Untuk terapi sesuai aspek yg terganggu mba. Jadi harus di assess dulu.

Respon: Sy sdh punya form tes denver II tpi blm terlalu paham gmna cra assesnya. Klo anak2 blm bsa/ada delay dlam tumbangnya apakah itu pertanda bahwa motorik anak tdk tuntas?
Jawab: InsyaAllah kalo sinyal saya sudah bagus sy share di grup ini ya mba sama cara bacanya.


Pertanyaan 8

Penanya: Fadilannisa IP Jakarta
1. Adakah alternatif selain suplemen zat besi alami untuk bayi umur 5 bulan yang sudah dianjurkan untuk MPASi karena berat badan kurang. Kondisinya bayi alergi protein susu dan kacang-kacangan. Suplemen zat besi yg direkomendasikan dokter ternyata rasanya pahit dan malah membuat anak memuntahkan lagi mpasi nya. 
2. Sampai mana batas bayi boleh melihat layar gadget. Misal video call atau melihat rekaman videonya sendiri, masih diperbolehkan kah? 
3. Apakah benar MSG berpengaruh tergadap kecerdasan anak?
4. Adakah panduan permainan permainan untuk memaksimalkan perkembangan kecerdasan bayi?

Jawaban 8

1. Daging mbaa, hati ayam, ikan, sayur2an hijau.
2. Dari AAP menyarankan anak di bawah 2 tahun no screen time kecuali untuk video call. Ini rekomendasinya untuk penggunaan gadget pada anak: https://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/news-features-and-safety-tips/Pages/Children-and-Media-Tips.aspx



Ini rekomendasinya untuk penggunaan gadget pada anak.
3. Dari penelitian tidak ada hubungan bermakna antar kecerdasan dan konsumsi MSG.
4. Panduan sekarang banyak mbaa hehe. Ada dari dinas pendidikan juga kalo ga salah.
Tambahan jawaban untuk pertanyaan 8. saya lampirkan standar pencapaian perkembangan anak dari mendikbud.
https://drive.google.com/open?id=192Qmy7RYXbxLe3nL5Ndq9c6ac5catdfC


Pertanyaan 9

Penanya: Fitriningsih IP Sulteng
1. Apa yg menyebabkan perkembangan otak anak berbeda-beda? 
2. Bagaimana mengatasi perkembangan otak anak yang sering /pernah mengalami kekerasan fisik dan verbal? 
3. Bagaimana dengan brain gym? Apakah bnar bisa mengoptimalkan fungsi otak,  contoh senam otak untuk usia dini?

Jawaban 9

1.      Sudah dijelaskan di atas ya. Intinya adalah genetik, nutrisi dan lingkungan.
2.      Bisa dilakukan terapi dengan profesional untuk masalah tumbuh kembang dan emosinya. Anak dengan riwayat sering mengalami kekerasan perlu diberi perhatian dan kasih sayang lebih. Karena otaknya kadang sudah secara otomatis menghasilkan hormon stress karena pengalaman masa lalunya.
3.      Brain gym yang saya tahu adalah mengajarkan gerakan-gerakan tertentu untuk memaksimalkan fungsi otak ya. Dari yang saya baca belum ada penelitian yang membuktikan aktivitas tersebut secara bermakna mengoptimalkan fungsi otak. Saya lebih sarankan pendekatan multisensori untuk mengoptimalkan fungsi otak usia dini.

Pertanyaan 10

Penanya: Enggusti Novisa
Assalamu’alaikum
1.      Nutrisi seperti apa saja yang bisa mendukung perkembangan otak? Bisa tolong berikan contoh makanannya?
2.      Apakah benar jika bentakan itu memutuskan satu ikatan syaraf di otak? Bagaimana cara memperbaikinya untuk usia 3 dan 5 tahun?
Terimakasih.

 

Jawaban 10

1.      Seperti dijelaskan di slide, bahwa sebagian besar makro dan mikronutrien penting untuk perkembangan otak anak. Karena itu yang paling baik adalah nutrisi seimbang, yang meliputi karbohidrat sebesar 75-90%, protein 10-20%, dan lemak 15-20%. Untuk mikronutrien bisa dilihat di https://www.makarame.com/memacu-balita-tumbuh-tinggi-dengan-gizi-seimbang/. Selain itu untuk perkembangan otak bisa ditambahkan makanan yang mengandung DHA dan asam folat seperti ikan salmon, tuna, tongkol. Dan makan kaya zat besi seperti daging merah, kacang-kacangan, telur, buah beri.
2.      Sudah dijawab di pertanyaan 2.

Pertanyaan 11

Penanya: Arum Oktifani, IP Jakarta
Bagaimana memperbaiki sel otak anak bagi anak-anak yang pernah dimarahi ortunya, karena konon ada sel otak anak yang rusak ketika dia dimarahi?

 

Jawaban 11

Sudah dijawab di pertanyaan no. 2.




Pertanyaan 12

Penanya: Arum Oktifani
Pada usia berapa fungsi otak mengalami penurunan? Misal buat menghafal Quran dulu gampang kok sekarang jadi susah. Trus makanan yang baik untuk otak apa saja bagi orang dewasa?

 

Jawaban 12

Pada usia balita sinaps otak sangat banyak, namun koneksinya belum baik sehingga anak2 bisa saja mengerti banyak hal tapi tidak tahu cara mengintegrasikannya. Umur semakin bertambah, sinaps yang dihasilkan semakin lambat, bahkan sinaps yang tidak digunakan akan menghilang. Karena itu orang dewasa cenderung fokus pada hal2 tertentu terutama yang sering dipelajari. Otak manusia akan matang pada usia 20 tahunan. Namun demikian, perkembangan otak akan mulai menurun secara perlahan di rentang usia ini. walaupun sel otak dan sinaps tetap dibentuk, namun prosesnya memakan waktu yang lebih lambat. Saat memasuki usia 30 tahun, pemecahan sinaps menjadi lebih sulit sehingga banyak orang dewasa yang mengalami kesulitan untuk fokus untuk mempelajari sesuatu yang baru.
Kurang lebih nutrisi otak untuk anak dan orang dewasa sama. Untuk orang dewasa, baiknya juga terus belajar dan bergaul supaya sinaps-sinaps yang ada tidak menghilang.


Pertanyaan 13

Penanya: Indah Rachmawaty, IP Balikpapan Raya
Bagaimana perkembangan otak pada anak berkebutuhan khusus (down syndrome)?

 

Jawaban 13

Pada DS perkembangan otak bisa terganggu, bisa juga terjadi kejang. Untuk pemantauan perkembangan bisa dibaca lebih lengkap di artikel: https://www.researchgate.net/publication/312174901_Pemantauan_Tumbuh_Kembang_Anak_dengan_Sindrom_Down.

 

Pertanyaan 14

Penanya: Laksita Rarastria Kharima, IP Jakarta
1.      Saat membacakan dongeng atau buku untuk bayi usia 8 bulan, apakah si bayi harus melihat bukunya atau bisa diperdengarkan saja? Karena saat dibacakan dia lebih tertarik memegang atau meremas bukunya, kalaupun fokus hanya bertahan sebentar.
2.      Apakah boleh membacakan anak ebook atau bahan bacaan dari internet, dan apakah boleh memperlihatkan bukunya melalui smartphone orangtua atau cukup dibacakan?
3.      Bagaimana tips bermain untuk stimulasi bayi 8 bulan, apakah perlu membuat list atau jadwal permainan sensori karena sering kali stuck atau kehabisan ide permainan?

 

Jawaban 14

1.      Kemampuan anak untuk membaca dipengaruhi oleh kemampuan mempertahankan atensi, dimana lama atensi 2 menit x usia anak. Anak di bawah 1 th memiliki kemampuan atensi yang pendek sekali, sehingga memang sangat sulit untuk berdiam diri untuk melihat buku saat dibacakan. Ditawarkan saja untuk melihat, tapi bila anak tampak tidak fokus atau sambil melakukan hal lain tetap dibacakan saja. Karena target untuk anak usia di bawah 1 th adalah untuk perkenalan. Perlu juga dipilih buku yang sesuai untuk usianya, untuk usia dibawah 1 th bisa dengan buku bantal, boardbook interaktif sambil melatih motorik halus, buku dengan gambar besar dan tulisan sedikit untuk memudahkan fokus anak, atau buku dengan teks yang berima. Cara membacakan juga dibuat semenarik mungkin dengan intonasi yang beragam, atau juga bisa dinyanyikan. InsyaAllah anak itu ajaib. Biarpun seperti tidak mendengarkan, tapi yang kita bacakan diserap otaknya seperti spons.
2.      Boleh membaca dengan ebook atau dari internet, tapi dihitung sbg screentime ya jadi ga bisa lama2. Baiknya dengan fisiknya mba, jadi diprint aja karena untuk anak usia dini, perlu diperkenalkan kecintaan membaca, termasuk fisiknya juga, sehingga anak bisa eksplorasi.
3.      Baiknya dibuat jadwal supaya tidak kehabisan ide ya mbak hehe. Untuk stimulasi anak 8 bln bisa dengan mainan warna-warni untuk merangsang penglihatan, buku bantal, rattle (kerincingan), mulai perkenalan tekstur2 (harus diawasin supaya ga ketelen tapi), latihan merangkak, main bola, latihan keseimbangan dengan gymball.


Pertanyaan 15

Penanya: Mahmudah, IP Jakarta
1.      Nutrisi merupakan salah satu hal penting dalam perkembangan otak. Nutrisi ASI sangat berperan. Namun bagaimana dengan anak yang tidak ASI lengkap? Sejak usia 1 bulan sudah sufor, namun dicampur dengan ASI. Alasannya karena anak tongue tie dan setelah inisiasi tetap tidak maksimal menyusuinya, sehingga menggunakan sufor untuk kejar BB bayi.
2.      Apakah berat badan bayi juga berpengaruh dalam perkembangan otak?

Jawaban 15

1.      Asi memang yang terbaik, namun bila memang tidak memungkinkan untuk konsumsi full asi atau tidak asi pun jangan berkecil hati. Insya Allah kandungan sufor juga sudah baik untuk perkembangan anak. Dengan pemberian nutrisi mpasi dan stimulasi yang baik insyaAllah perkembangan otak anak tetap baik.
2.      BB bayi tidak berbanding lurus dengan perkembangan otak anak. Kecuali pada kasus gizi buruk dan stunting, dimana perkembangan otak anak akan terganggu juga.


Pertanyaan 16

Penanya: Haryani Utami, IP Jakarta
Dok, anak pertama saya 5 tahun punya riwayat spinabifida ringan. Dari dokter syarafnya terakhir usia 3m alhamdulillah untuk motoriknya dianggap normal. Lalu diminta MRI untuk memastikan bagian dalam. Tapi sampai sekarang belum dilakukan. Karena tanya-tanya MRI anak ga boleh dibius, sedangkan si anak saya emosinya dari bayi sampai sekarang agak sensitif kalau di lingkungan baru bisa berontak.
Pertanyaannya:
1.      Apakah MRI benar demikian dok? Pasien gak boleh dalam keadaan tidak sadar.
2.      Apakah SB ini memang ada pengaruh ke otak dan emosi juga ga ya? Pernah ke psikolog, hasil tesnya ada ketidaksesuaian dengan usia biologisnya. Tapi dari psikolog ga paham apakah ada korelasi antara otak dan Sbnya. Sarannya terus distimulasi saja terus.
3.      Apakah efek SB ringan ini suatu saat bisa muncul lagi ketika dewasa? Masih was-was karena belum MRI, apakah sudah tuntas sembuh atau tidak.

Jawaban 16

1.      MRI tetap dapat dilakukan walaupun pasien tidak sadar atau tidur, tidak kan berpengaruh ke hasil karena pada MRI yang dilihat struktur otaknya.
2.      Spina bifida adalah cacat lahir yang ditandai dengan terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan saraf tulang belakang bayi. Kelainan ini dipicu oleh pembentukan saraf tulang belakang yang tidak sempurna pada bayi selama dalam kandungan . Karena lokasi kelainannya di tulang belakang memang seharusnya tidak berpengaruh terhadap kecerdasan dan emosi ya mba. MRI diperlukan untuk memastikan seberapa berat kelainannya dan apakah ada saraf yang terkena.
3.      SB nya sendiri tidak bisa hilang mba, tp bisa dimaintain apakah akan menyebabkan gangguan atau tidak. Biasanya efek2 ringannya seperti sakit pinggang, sulit jalan, dll.

Pertanyaan 17

Penanya: Umniyah, IP Jakarta
1.      Anak saya usia hampir 4 tahun. Sudah minta dimasukkan ke sekolah, tetapi saya masih menunda setahun lagi karena faktor anak belum terlalu mandiri. Sudah benarkan sikap saya?
2.      Ciri-ciri anak dikategorikan pandai dan cerdas itu apa saja indikatornya bu dokter?

 

Jawaban 17

1.      Bila anak sudah minta sekolah, tidak masalah apabila anak belum terlalu mandiri untuk memasukkan ke KB, karena di KB guru dan pengasuh bisa membantu. Untuk TK tergantung dari TK-nya. Pasti awal2 masuk sekolah anak akan menjalani proses penyesuaian, jadi memang orangtua harus tetap mendampingi.
2.      Kalau indikator kecerdasan (intelegensi) anak dengan test IQ, tp kecerdasan bukan hanya kognitif saja. Setiap anak memiliki kelebihan yang berbeda beda.


Pertanyaan 18

Penanya: Nitasari, Jogja
Anak saya umur 4 tahun divonis hiperaktif ADHD sama dokter tumbuh kembang anak. Apakah itu merupakan gangguan saraf? Sudah ikut terapi 1 tahun. Alhamdulillah sudah berkurang walaupun sedikit.
Nutrisi apa yang baik untuk saraf otak anak?
Terima kasih. Semoga bisa diberi pencerahannya.

Jawaban 18

ADHD (atention deficit/hyperactivity disorder) bisa disebabkan oleh faktor internal (genetik) atau eksternal (lingkungan, gangguan otak). Bila sudah terdiagnosis baiknya segera diterapi supaya kelak tidak mengganggu proses belajarnya.
Untuk nutrisi otak, sudah dijawab di jawaban pertanyaan no.10.


 
Post Comment
Post a Comment