Harmoni Keluarga Inspiratif

Kopdar dan Pelatihan Menulis Feature bersama Novie Oktaviane Mufti

Thursday, April 4, 2019

Kopdar dan Pelatihan Menulis Feature bersama Novie Oktaviane Mufti


Peserta kopdar belajar menulis feature 
Ada pemandangan yang tidak biasa pada hari Minggu, 31 Maret 2019 di RPTRA Akasia Tebet. Sejumlah ibu dan calon ibu bersemangat untuk menimba ilmu kepenulisan. Pertemuan kali menjadi ajang silaturahim antar member, pengenalan pengurus baru RBM IP Jakarta, sekaligus belajar menulis feature dipandu Novie Oktaviane Mufti.


Dimana ada perkumpulan ibu-ibu disitulah ada banyak makanan. Mungkin ini adalah salah satu fakta yang tidak terbantah pada setiap acara yang ada di bawah naungan IP Jakarta. Menggunakan konsep potluck, semua bisa mencicipi makanan yang dibawa masing-masing member. Untuk acara kali ini, cilok dan rujak sepertinya menjadi primadonanya.

Potluck makanan yang melimpah

Hampir pukul 10.00 WIB, acara dibuka dengan perkenalan antar anggota member yang hadir. Bukan RBM IP Jakarta kalau tidak menggunakan cara yang unik untuk saling berkenalan. Para member diminta untuk berdiri dan membentuk setengah lingkaran. Selain diminta untuk menyebutkan nama , para member diminta untuk menganalogikan dirinya menjadi sebuah bentuk , hewan , atau tumbuhan. Ada yang mengasosiasikan diri menjadi sebuah pohon yang tegak diam namun memiliki pendirian kuat laksana akar yang menghujam tanah. Ada yang mengasosiasikan diri sebagai awan, kayu, air, dayung, mawar dll.

Sesi perkenalan Mbak Lisfah seperti gunung

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat profil pengurus RBM baru tahun 2019 dan sambutan dari mbak Agris selaku ketua RBM sebelumnya. Tepat pukul 10.00 WIB, semua member siap sedia mendengarkan pemaparan materi dari mbak Novie.

Mbak Novie selaku pemateri membuka pembahasan mengenai tulisan feature dengan beberapa hal yang menjadi salah kaprah soal menulis. Hal ini menyebabkan penulis pemula memiliki mental block yang menghambat keinginannya dalam menulis. Hal-hal yang menjadi salah kaprah soal menulis disajikan dalam infografis berikut ini.


Pembahasan dilanjutkan mengenai konsep menulis Feature. Feature merupakan teknik menulis berita/ informasi yang memiliki kharateristik yang ringan. Ciri khas tulisan feature adalah tidak akan basi meskipun dibaca diwaktu mendatang. Melengkapi sajian berita langsung (straight news), pemberi nilai dan makna suatu keadaan , serta sarana ekspresi yang paling efektif yuntuk mempengaruhi khalayak merupakan beberapa fungsi dari tulisan feature. Menurut mbak Novi, yang mengutip salah satu penulis ternama, bahwa kekuatan pena bagi seornag penulis itu melibihi kekuatan sebuah peluru. Secara singkat, mbak Novi menjelaskan jenis tulisan feature, antara lain;
1. feature berita , yang ditandai dengan munculya sebuah berita/ peristiwa
2. feature ilmu pengetahuan, yang ditandai dnegan kedalaman tulisn dan objektivitas dalam pandangan
3. feature humant interest, yang memuat refleksi, kontemplasi dan dapat menyentuh hati pembacanya

Setelah memahami konsep dasar mengenai tulisan feature ini, pembahasan berlanjut pada bagaimana cara untuk menulis feature yang disampaikan dalam infografis berikut.


Setelah mempelajari konsep penulisan feature, mbak Novi mengajak para member untuk berlatih menulis dengan teknik fast writing. Dalam waktu kurang dari 30 menit, member RBM mencoba untuk praktik menulis feature. Pada akhir sesi, mbak Rika dan mbak Lisfah menjadi volunteer yang menyampaikan hasil tulisannya dengan sangat baik. Mbak Rita membuat tulisan mengenai kegiatan menulis feature dengan point of view tulisan practice make perfect, sedangkan mbak Lisfah membuat tulisan yang menyentuh hati mengenai sebauh prasangka. Setelah jarum jam menunjukkan pukul 12.00 WIB, acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari RBM IP Jakarta kepada mbak Novie dan dilanjutkan foto bersama para member.

Kapten Rumbel Menulis Agris (kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada pembicara
Akhir kata, mengutip kata-kata Salim A. Fillah yang disampaikan oleh mbak Novie:


Setiap tetes tinta seorang penulis adalah darah bagi perubahan peradaban. Karenanya, perhatikanlah bagaimana penamu bergerak. (Salim A. Fillah)

*resume dan infografis oleh Maya Restu
*foto oleh Reytia dan Ellen

Post Comment
Post a Comment