Harmoni Keluarga Inspiratif

Tanya-Jawab Bersama dr. Ayu: Batuk Bukan Penyakit

Tuesday, November 21, 2017
Bunda profesional, kita familiar dengan batuk tetapi mungkin belum mengetahui bahwa batuk ternyata bukan penyakit. Nah lho, apa dong? Ada jenis batuk yang tidak perlu berobat ke dokter, ada yang perlu diwaspadai. Supaya Bunprof makin memahami batuk dan ga gampang panik bila anak batuk, simak rangkuman "Rabu Sehat" bersama dr. Gustrin Oktaviayu Cendhikalistya dengan judul "Batuk Bukan Penyakit".

cara obati batuk yang lama sembuh
Tanya jawab seputar batuk bersama dr. Gustrin Oktaviayu
Batuk adalah hal yang sangat umum terjadi pada tiap manusia karena batuk merupakan sebuah respon fisiologis pembersihan saluran pernapasan dari tubuh. Batuk diinisiasi oleh adanya “sesuatu” yang menjadi alarm bahaya tubuh. Misalkan, tersedak, alergen seperti debu atau asap dan dingin, dahak, agen infeksius, adanya asam lambung yang naik, serta tenggorokan kering. (materi selengkapnya dapat dibaca di Batuk Bukan Penyakit.

Sesi Tanya-Jawab:
Q = question; A = answer

Q1 : ( Restia )
       Mba Ayu nanya dong, karena lagi hamil kemarin dikasih obat batuk dan flu : Bisolvon Batuk dan Flu dgn bahan aktif : bromhexine Hcl 4mg, fenilefrin hcl 5mg, parasetamol 150mg, ctm 2mg. Berdasarkan materi mba Ayu di atas berarti aman ya? Mau memastikan saja

A1 : Iyaa aman mba...

Q2 : ( Karmila )
       Mba ayu, diriku kan baru saja diopname yaa.. karena sakit yang di awali batuk.. Nahh batuk seperti apa sih mba yang patut untuk kita waspadai? Karena seperti aku nih, menyepelekan batuk.. hehehe..

A2 : Di materi udah ada mba.. batuk seperti apa yang harus diwaspadai... yang jelas kalau lebih dari 2 mjnggu itu sudah tidak wajar..

Q3 : ( Sari )
       Assalamualaikum mba ayu mau tanya ya,anak saya sekarang usia 6th, dari usia 4th kena asma, menurut dsa karena ada bakat alergi,jadi kalau setiap kambuh saya nebu/uap mba...sebenernya dengan cara nebu ini apakah efektif untuk anak asma?dan efek sampingnya apa ya kalau sering di nebu?makasih mba ayu


A3 : Waalaikumsalam.wr.wb. Alergi atau kita menyebutnya individu atopi akan cenderung mudah terpapar alergen sampai ia dewasa. Tapi nanti bentuk alerginya berganti antara rhinitis, asma, kulit . Bila kecilnya asma maka kemungkinan besar waktu dewasa akan berkurang, sebaliknya. Nebulisasi digunakan untuk melonggarkan saluran pernapasan. Ini lebih aman daripada meminum obat. Efek samping serius belum pernah dilaporkan. Paling hanya "efek ketergantungan" akan nebulizer. Asma bisa dikurangi dengan bayak berjemur di sinar matahari pagi dan menghirup udara pagi yang sejuk (bagus lagi di pantai) karena uap garam.


Nebulisasi bisa diganti loh mba.. dengan uap air garam hangat...


Q4 : ( Firda )
       Makasih banyak bu dokter.  Di materi ada penggunaan bahan seperti kunyit, kencur, madu, jahe, dll itu maksudnya untuk dikonsumsi ya bu?

Kalau batuk pilek pada balita, apakah perlu langsung dikasih obat atau home treatment dl mba ayu? Terima kasih

A4 : Iyaa itu untuk dikonsumsi mba... Untuk semua usia bila batuk kurang dari 3 hari sebaiknya pakai cara alami dulu. Khusus bayi di bawah 1 tahun dengan menggendong dan memberikan kehangatan bisa sangat mengurangi gejala batuk. Untuk terapi herbal belum dianjurkan pada bayi bawah 1 tahun.. segera ke dokter saja ya Mba...

Q5 : ( Niken )
       Mba Ayu, mau nanya.. Saya termasuk "kurang aware" sama kondisi tubuh. Sebenarnya sejak kecil sampai usia dewasa sekarang, saya kl batuk itu bisa lama baru sembuh. Dan batuk bunyinya "grungg... Grunggg... Grunggg" --- gimana ya jelasinnya xixixi.

      Termasuk batuk kering. Udah berbagai macam obat dan sembuhnya br setelah lebih dr 3minggu..

      Apakah indikasinya? Karena alergi kah?  *belum pernah cek dalam 🙈 *riwayat dari alm. Bpk ku ada sakit paru”,  ada pengaruhnya ga ya?


A5 : Kemungkinan besar karena bakat alergi mba... jadi kena *bronkhitis alergi*. Bisa karena kelelahan, alergi dingin atau makanan.

"Anak-anak cenderung batuk 8x setahun dan itu normal"

Q6 : ( Ardhita )
       Mbak dokter maaf mau nanya:

1. Obat temennya batuk, a.k.a flu, yg aman buat busui apa ya mbak?

2. Saya waktu bayi ada asma, sudah lama hilang sih mbak, tp saya agak sensitif sm asap rokok atau es batu tertentu, apa ada kemungkinan asma kembali mbak? Ayah saya asma saat dewasa. Trus apakah asma itu bisa menurun ke anak saya?

A6 : 1. CTM udah paling aman tuh... lainnya tdk direkomendasi kecuali ke dokter dulu untuk penyesuaian dosis
2. Alergi itu bisa jadi bersifat menurun. Polanya kalau kecil kena asma dewasanya bisa tidak, sebaliknya kecil ga kena pas dewasa kenanya parah. Atau beralih pindah dari KULIT, HIDUNG, SAL.NAFAS seperti ASMA...

      Pola herediter nya kalau *BAPAK* yg kena NURUN KE *ANAK PEREMPUAN* sebaliknya... kalau IBU ke ANAK LAKI.


Q7 : ( Berlin )
       Bu dokter terimakasih utk penjelesannya tentang batuk. Bu dokter ayu saya mau tanya jika anak usia 1-2 thn batuk apa yang harus dilakukan agar tidak dikit dikit ke rs dok nuhun

A7 : Dicari dulu penyebab batuknya mba... kalau rebound phenomena seperti main ping pong dari kakak ke adiknya atau dari keluarga satu ke yg lain tak ada cara lain selain meningkatkan daya tahan tubuh mba...

Q8 : ( Sari )
       Mba ayu kl berenang utk anak asma mmg bagus ya?

A8 : Iyaa bagus mba.. asalkan anak siap ya.. maksudnya renang kan cenderung air dingin... mungkin saja anak tidak kuat dingin... dsb

Q9 : ( Ardhani )
       Mba Ayu  kalo batuknya Ghazi kadang” aja jd gak perlu dibawa ke dokter ya? usianya baru 2 bulan, dan 3 des nanti mau imunisasi meningitis, kan mengurangi gejala batuk cukup digendong dan diberi kehangatan. sedangkan kata mamaku kalo imunisasi baiknya sehat, biar maksimal efeknya. ini gimana baiknya ya mba?

A9 : Nah, batuknya ini harus dicari dulu penyebabnya... apakah infeksi saluran nafas atau hanya alergi… Kalau hanya alergi tidak masalah.

Bahkan flu saja tanpa demam anak boleh divaksinasi hanya saja kemungkinan rewel jadi tinggi…

Q10 : ( Trisa )
        Saya baru baca materi lengkapnya. Whuaa, baru tau kalau batuk bisa kumur pakai air garam ya bu dok. . Sebelumnya saya kira malah bisa bikin iritasi tenggorokan

        Terus juga ada beberapa buah yang harus dihindari. Asam sitrat ini dapat memperparah batuk ya dok? Kira kira kenapa bu dokter? Maksudnya bagian tubuh mana yg akan berdampak terhadap asam sitrat ini ketika kita batuk?

A10 : Garam itu antibiotik alami mba... Iyaa asam sitrat bisa mengiritasi tenggorokan... tapi paida beberapa orang tidak ada masalah... tergantung kepekaan tiap individu jg ini mba... jadi kita sebutnya pemicu saja.. tidak pasti sifatnya…

Q11 : ( Karmila )
        Mba ayu kenapa kalau batuk trus biasanya berakhir dengan radang tenggorokan? Atau memang merupakan tanda”?

A11 : Batuk adalah salah satu tanda atau gejala radang tenggorok (faringitis)

Q12 : ( Avi )
         Bu dok, mau nanya Fatih Hanan usianya 5 dan 4 tahun, mudah sekali terkena batuk jika kecapean dan banyak makan Eks, coklat atw permen, batuknya disertai pilek juga, biasanya kami berikan ventolin dan rivel.. Yg drops dan sirup..  Apakah penggunaan obat ini aman? Jika setiap batpil diberikan obat ini..  Apa Bedanya batuk alergi dan batuk sakit? Makasih


A12 : 1 bulan berapa kali batuknya? Karena anak2 cenderung batuk 8x setahun.. dan itu normal…biasanya batuk karena faringitis

Q13 : ( Harlina )
        aku alergi dingin mba, klo dingn ya batuk sampe cape sendiri, ada cara menanganinya?

A13 : Hindari alergen. Titik.

Q14 : ( Karmila )
         Mba sekarang lagi ngetren tuh menjaga kesehatan pakai esential oil (aku juga pake sih lagi nyoba) seberapa efektif pengaruh pemakaian EO tsb dalam menjaga kesehatan? Trus misal kita batuk, di uap dengan EO, apa nggak minum obat nggak apa2?

A14 : terdapat efek sugesti dalam pemakaian demikian.. hehe... kalau bisa sehat dgn begitu aja yo Alhamdulillah Mba.... asal diperhatikan bila batuk lewat dari 2 minggu berarti *serius*

Q15 : ( Ardhita )
         Kalau ibu menyusui lg flu dan batuk, selain pakai masker, apa yg harus dilakukan utk mengurangi penularan virus ke bayi mbak?
Dan kegiatan bersama bayi yg apa sementara harus dikurangi selama ibu batuk?

A15 : Kalau menyusui mah hajar aja... karena IgA atau antibodi transfer via asi... justru anak akan lebih tangguh melawan flu... dia ga perlu flu dapet antibodinya dari Ibu... paling kita pakai masker aja biar ngga meler” kena anak... .

*

Biodata Narasumber :

Gustrin Oktaviayu Cendhikalistya yang akrab disapa Ayu ini lahir di Bantul, 11 Oktober 1985 dari kedua orangtua yang berprofesi sebagai guru.  

Gelar dokter diraihnya pada tahun 2011 dengan predikat cumlaude. Namun, ibu dari dua anak, Nadiavira K. Azmi (4 tahun) dan Dechavira F. Azmi (4 bulan) ini tidak lantas berbangga dan mewajibkan diri mengabdi di dunia kedokteran. Karena tugas suami yang merupakan perwira Angkatan Darat  berpindah-pindah, bahwa sebagai anggota Persit harus selalu berkiprah serta peran pengasuhan anak yang tidak mungkin diwakilkan, maka di rumahlah istananya.
Hobinya dalam menulis, menari, serta membaca puisi membuatnya memiliki dunia kecil dalam istananya.
Baginya, belajar itu sepanjang hayat. Maka, be a long life learner adalah semboyannya.  


*
Resume Rabu Sehat oleh Jihan Gibtiyyah Assegaf
Post Comment
Post a Comment