Harmoni Keluarga Inspiratif

Rabu Sehat: Keputihan

Friday, December 15, 2017
Bunda Profesional pernah mengalami keputihan? Keputihan ada yang wajar, ada yang perlu diwaspadai. Apa yang menyebabkan keputihan? Mana yang perlu diperiksa lebih lanjut? Berikut rangkuman tanya-jawab bersama bidan Annisa Sellyana M.K.M mengenai keputihan.

“KEPUTIHAN…?”
Hampir sebagian besar wanita pernah memiliki masalah dengan keputihan. Rasa tidak nyaman, malu dan khawatir akan suatu penyakit biasanya akan turut menyertai jika kita memiliki keluhan “si keputihan ini” untuk itu yuk kita coba berkenalan lebih intim dengan keputihan.

Berdasarkan definisi keputihan adalah semua pengeluaran cairan dari genetalia yang bukan darah. Keputihan bukan penyakit, tetapi merupakan manifestasi gejala dari hampir semua penyakit kandungan (Manuaba, 2005)

Keputihan adalah gejala penyakit yang ditandai oleh keluarnya cairan dari organ reproduksi dan bukan berupa darah. Keputihan yang berbahaya adalah keputihan yang tidak normal (Blankast, 2008)

Berdasarkan definisi diatas bisa disimpulkan ada keputihan yang normal dan tidak normal. Agar tahu yang tidak normal, maka kita harus tahu terlebih dahulu dengan yang normal.
Keputihan Normal
Allah SWT telah mendesign tubuh kita dengan sedemikian detail dan sempurnanya. Termasuk di dalamnya organ reproduksi wanita. Ternyata secara alami memang vagina kita mengeluarkan cairan yang bertujuan untuk membersihkan vagina, melembapkan vagina, dan membantu mencegah serta melawan infeksi. Cairan ini diproduksi oleh kelenjar dalam vagina dan mulut rahim untuk membawa sel-sel mati termasuk didalamnya bakteri yang mati oleh bakteri baik di vagina kita, sehingga kebersihan vagina kita terjaga.

Keputihan normal biasanya berwarna bening atau putih susu, tidak berbau, saat menjelang haid biasanya lebih kental dan lengket. Saat masa subur biasanya lebih jernih, basah dan licin.

Ada masa-masa dimana jumlah cairan vagina kita akan meningkat, yaitu saat kehamilan, saat menjelang haid, saat ovulasi, saat bergairah seksual, saat berolahraga, sedang mengkonsumsi pil KB, saat berolahraga, serta saat sedang banyak aktivitas fisik dan psikis.
Keputihan Abnormal
Keputihan diluar tanda-tanda keputihan normal diatas maka menunjukan tanda ketidak normalan. Biasanya terjadi perubahan dari warna yg semakin pekat seperti susu, semakin kekuningan bahkan kehijauan, aroma yg berbau menyengat tidak seperti biasa, disertai rasa gatal, panas atau perih,dan kemerahan bahkan bengkak sekitar vagina.

Penyebab keputihan Abnormal ini antara lain: infeksi jamur, bakteri dan virus, ca serviks, diabetes dan pengunaan beberapa obat-obatan dalam kurun waktu lama.

💙 Tips Mencegah Keputihan 💙
  • Berbahagia
  • Menjaga personal hygiene
  • Tidak menggunakan sabun pembersih vagina dalam keseharian
  • Menggunakan celana dalam yang menyerap keringat.
  • Hindari penggunaan pakaian bawah yang terlalu ketat
  • Hindari berendam air hangat terlalu lama
  • Cebok dengan cara yang benar dan selalu keringkan.
  • Ganti cd sesering mungkin atau bila lembab.
Sesi Tanya-Jawab: 
Q1 : Mba Nisa, apakah alat kontrasepsi bisa menimbulkan keputihan? -Jihan

A1 : Pada beberapa wanita beberapa kontrasepsi dapat menimbulkan keputihan, seperti penggunaan pil KB dimana kondisi hormonal kita di manipulasi, lalu IUD atau biasa dikenal dengan spiral, yang dimasukan kan memang benda asing kedalam rahim, dan dalam kondisi tertentu bisa membuat infeksi daerah sekitar, lalu kondom pria atau kondom wanita dapat menimbulkan alergi pd beberapa wanita yng bisa berujung pada keputihan

Q2 : Mau tanya dong mba.. sabun pembersih vagina baiknya d pakai brp sering ya? -Ratna

A2 : Pembersih vagina tidak kita perlukan sebenarnya Mba... Karena Allah SWT sudah menciptakan bakteri baik yang menjaga kebersihan vagina kita, dan sabun tsb justru mematikan bakteri baik tersebut, yang ujung”nya bakteri jahat mudah masuk

Q3 : Mau nanya dong uni. Keputihan normal itu baunya seperti apa ya? -Rika

A3 : Xixixi...abis ini klo mandi ga ada salahnya lho teman” mencium aroma cd masing”, agar tau begitu baunya... Dan ketika baunya tidak seperti biasa jadi kita lebih waspada. Aroma keputihan tidak normal itu berbau amis ikan yang mau busuk. Kalau amis biasa tanpa warna abu2, kuning kehijauan, kemerahan insya Allah normal.

Q4 : Kalau di CD muncul noda berwarna kekuningan itu wajar tidak ya? Kalau itu tidak wajar merupakan indikasi apa ya? -Restia

A4 : Noda kekuningan di pakaian dalam tanpa keluhan tsb, biasanya normal. Karena pada keputihan normal, bila terkena di cd lalu mengering atau terpapar udara memang akan muncul kekuningan... Ibarat ngupas apel dan terpapar udara dr putih jd kekuningan kan ya…

Q5 : Uni, mau tanya, apakah keputihan bs menjadi alarm awal kanker serviks? -Dewi

A5 : Seperti yang saya sampaikan dimateri atas ya Mba... Keputihan ini bisa jd merupakan gejala dari suatu penyakit dan salah satunya kanker serviks... Namun tentunya di ikuti oleh keluhan2 lainnya seperti perdarahan di luar siklus menstruasi, keputihan kerap kali bercampur darah, nyeri panggul dan nyeri saat berhubungan seksual...serta keluarnya darah setelah berhubungan seksual

Q6 : Berarti dlm kondisi normal, setiap wanita mengalami keputihan ya uni. Intensitas dikatakan normal keluarnya keputihan, setiap hari atau bagaimana uni? -Niken

A6 : Seperti materi diatas...ga setiap wanita sih ya..Namun sebagian besar wanita normalnya ya mengalaminya. Namun pada kondisi2 tertentu seperti mau haid, masa subur, ada rangsangan seksual, abis olahraga, capek fisik, banyak pikiran ini bisa memperbanyak jumlah cairan yg keluar

Q7 : Klo polip itu bs jd karena keputihan ga uni? -Dewi

A7 : Nggak Mba... Polip ini penyebab pastinya belum diketahui, namun dikatakan klo salah satu pemicunya adalah perubahan kadar estrogen yg berubah2, faktor usia yaitu premenopaus-menopause juga dikatakan bs mempengaruhi, obesitas, hipertensi dan multifatktor lainnya

Q8 : Hmm.. berati klo memang mengeluarkan cairan setiap harinya itu tidak berbahaya ya mba. Yg harus diwaspadai itu kalau berbau dan cairannya berwarna. Trus aku suka malas ganti celana mba, nah klo penggunaan pantyliner bisa jadi salah satu caranya ga mba? -Widya

A8 : Iya Mba benar, Baiknya cd saja Mba. Kalau lembab akan terasa... Penggunaan pantyliner kerap memanipulasi kelembapan, malah jadi bikin jamur mudah tumbuh

Q9 : Uni kalau ibuku kan ngajarin dr sejak aku awal menstruasi, setelah selesai mens itu vagina di rendam pakai air rebusan sirih.. Tapi sampai sekarang sih memang jarang sekali keputihan.. apa hal itu (berendem air sirih) memang berpengaruh? -Karmila

A9 : Seperti yang sudah kita ketahui daun sirih memang memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan. Manfaatnya jadi serupa dengan penggunaan sabun pembersih vagina dan syarat penggunaannya pun sama. Tidak boleh sering. 

Pada Mba Mila misalnya saat setelah haid. Logika mudahnya, darah itu makanan enaknya si kuman, nah mungkin rebusan daun sirih ini dipercaya untuk membersihkan vagina.

Q10 : Saat mandi baiknya membersihkan area vagina seperti apa? Infonya ga baik pake sabun mandi apa benar? Tapi klo pake air aja kyanya ga mantap. -Widya
A10 : Pakai sabun pembersih vagina saja yg phnya menyesuaikan ph vagina ndak dianjurkan...apalagi sabun mandi jelas tidak dianjurkan mba...krn bikin.bakteri baiknya mati semua...n vagina rentan terinfeksi.
Ini sebenarnya hanya masalah keyakinan 😁
Yakin deh Allah SWT sudah menciptakan bakteri baik di vagina kita untuk menjaga kebersihan vagina kita, cukup bersihkan dengan air mengalir, dari arah depan kebelakang, selesai mandi segera keringkan
Lalu selanjutnya adalah karena kebiasaan...karena biasa memakai sabun lebih keset dan wangi...jadi ketika ga pakai jadi merasa ga nyaman

Q11 : Uni Nisa, Mau tanya dunk..
Waktu hamil anak pertama, aq kputihan byk bgt mulai dri trisemester 1 sampe mendekati lahiran, kt dokter obsgyn bisa ngaruh kekandungan, mancing kontraksi atau apa ya aq lupa,bener ya Uni ky gtu?
Lalu pas anakku lahir, qadarullah si baby langsung masuk NICU karena aspirasi meconium, lalu slama perawatan kondisi baby kan naik turun, ngobrol” sama perawat NICUnya, ktnya bisa juga infeksi si baby krn dlu emaknya keputihan saat hamil.. bener ndak ya Uni? -Farida


A11 : saat hamil kan memang hormon estrogen mengalami penigkatan, selain itu juga ada tekanan aliran darah menuju vagina krn membesarnya rahim yang bisa bikin bumil keputihan.
Namun perubahan hormon dan pembesaran rahim, disertai pengeluaran keringat yg berlebih juga bisa membuat keputihan yg normal tsb bisa jd tdk normal

Q12: Uni ijin tanya… kalo keputihan yang abnormal ngaruh ga ke kesuburan perempuan? Maksudnya klo keputihan bermasalah jadi agak lambat punya keturunan gitu? -Astarina

A12 : Pada beberapa kasus seperti obesitas, diabetes, dan tentunya kalau ada keputihan abnormal tandanya ada masalah dgn organ reproduksi kita. Organ reproduksi bermasalah tentunya proses reproduksi pun bisa terkendala

Q13 : Uni bagi tips n trick biar miss V tetap bersih & wangi (ga bau yg ndak enak) tanpa pemakaian sabun mandi/sabun pembersih miss V. -Farida

A13 : Bau vagina kita mmg khas bukan bau wangi parfume itu yg harus kita pahami. Untuk menjaga kebersihannya adalah sering cebok dengan air mengalir dari arah depan(cebok saat wudhu ini sangat membantu), keringkan dengan maksimal, rutin bercukur, sering berganti celana dalam, hindari penggunaan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat dan terlalu ketat. In syaa Allaah terjaga deh vagina kita.
Oh iya...tidur tanpa cd juga memberi nafas utk kulit area vagina kita lho 😊

Q14 :  Mba kalo ada gatal” disekitar kemaluan dan pas di cek keputihan bnyak, apa ada hubunganny? keputihan ga mnyebabkan gatal kan mba harusnya? makanya bbrp waktu lalu saya getol pake pembersih vagina karena gatal ga nyaman.. tapi sekarang sih udah ga prnh lagi alhamdulillah -Ratna

A14 : Ada Mba...ketika keputihan berlebih, kondisi lembab, jamur mudah tumbuh...nah si jamur ini dikulit bikin gatal”
Profil narasumber:
Annisa Sellyana M.K.M menempuh pendidikan Kebidanan di RSPAD Gatot Soebroto. Melanjutkan pendidikan dosen kebidanan di Poltekkes Jakarta III Cipto Mangunkusumo dan kembali melanjutkan pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Ibu Anak di UHAMKA.
Pertama kali lulus kuliah bekerja di STIKes Medika Cikarang (2005) lalu bekerja di RSPAD Gatot Soebroto sambil menjadi Ibu Asrama di almamater. Lalu mendapatkan kesempatan kuliah di Cipto sambil bekerja di BPM Puti Saidar, setelah lulus pendidikan dosen lanjut bekerja di Akbid RSPAD Gatot Soebroto (2005-2008) dan lalu pada tahun 2008-2014 menjadi dosen tetap di STIKes Kharisma Karawang, dan saat ini memilih untuk bekerja di ranah domestik sambil membersamai Ananda.
*
Rabu, 22 November 2017
Notulen : Jihan Gibtiyyah Assegaf

Post Comment
Post a Comment