Harmoni Keluarga Inspiratif

Kopdar Rumbel Green & Organic: Membuat Sabun Alami

Tuesday, September 11, 2018
Membuat sabun alami bersama rumbel Green & Organic IP Jakarta

Ibu Profesional, tahukah kalian bahwa kebanyakan sabun mandi di sekitar kita itu berbahan kimiawi? 

Iya, sabun mandi kita itu sebenarnya bukan benar-benar sabun. Sabun mandi yang umumnya kita pakai itu mayoritas mengandung bahan kimia berbahaya, diantaranya: paraben, sodium sulfate, sodium laureth sulfate, dan deterjen. Ini bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk pembuatan sabun cuci piring, pakaian, kendaraan, dsb.


Loh masak sabun untuk kulit disamakan dengan sabun untuk cuci baju dan piring? Belum lagi air bilasan sabun itu bisa merusak lingkungan dan zatnya sulit terurai.

Minggu, 9 September 2018 lalu, Rumbel Green & Organic IP Jakarta mengambil tema "sabun mandi alami" dalam kopdar kali ini. Bertempat di kediaman Uni Eci, kopdar ini sekaligus mengajak member untuk mengenal apa itu sabun mandi alami dan bagaimana cara membuatnya.

Membuat Sabun Alami



Ternyata caranya cukup mudah lho. Para member rumbel belajar membuat sabun alami menggunakan resep sederhana, hanya memadukan minyak kelapa, minyak zaitun, distilled water, serta NAoH dalam takaran tertentu. Yang serunya adalah ketika peralatan utama dalam membuat sabun, yaitu hand blender, malah tertinggal dibawa. Para peserta harus bergantian untuk mengaduk adonan sabun hingga kalis. Ini cukup melelahkan tapi seruu.. Mengaduk jadi tidak terasa karena sambil bincang-bincang santai.

Bila menggunakan hand blender, mungkin hanya satu jam untuk mengolah bahan-bahan, lalu menuangkannya ke cetakan. Hasil cetakan sabun akan kering setelah 1 x 24 jam.



Tahapan yang lama adalah proses curing atau penguapan sabun yang membutuhkan waktu minimal tiga pekan. Proses curing ini penting untuk menurunkan PH sabun dan melembutkan tekstur. Setelah masa curing selesai, sabun alami yang aman bagi kulit ini siap digunakan.

Yang membahagiakan dari praktik belajar kali ini adalah kita jadi tahu dan bisa mengontrol apa saja kandungan pada sabun yang kita buat sendiri. Kita bisa menambahkan bahan-bahan alami yang 
bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin, buah-buahan, susu, biji-bijian, dsb. Kita juga bisa mengkreasikan warna, bentuk, dan kandungan sabun yang kita inginkan. Membuat sabun mandi ini juga bisa menjadi sumber penghasilan bila diseriusi lho.


Ibu profesional berdaya, Ibu profesional merawat lingkungan. 💪🏽

Tertarik berkreasi dengan sabun alami buatan sendiri? 

Kontributor:
Efi Femiliyah
Ketua Rumbel Green & Organic IP Jakarta

Foto dokumentasi Rumbel Green & Organic IP Jakarta
Post Comment
Post a Comment