Kebanggaan Keluarga

Hijrah Nol Sampah Journey IP Jakarta

Monday, May 21, 2018
Ibu Profesional, IP Jakarta punya tantangan menarik untuk para ibu peduli lingkungan bertajuk "Hijrah Nol Sampah Journey". Sekecil apapun langkah ibu dan keluarga lakukan akan sangat berarti bagi kelestarian lingkungan. Simak tantangannya berikut ini.

Hijrah nol sampah journey

Hijrah Nol Sampah terdiri atas 2 frase, yaitu “Hijrah” dan “Nol Sampah”. Kata “Hijrah” berarti berpindah atau beralih dari yang buruk menuju ke yang baik, sedangkan frase “Nol Sampah (Zero Waste)” merupakan istilah atau filosofi yang merujuk pada kehidupan yang menggunakan sumber daya yang dapat didaur ulang sehingga akan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan.

IP Jakarta merupakan Komunitas yang fokus mengenai Nol Sampah, terbukti dari event-event IP Jakarta yang menggunakan konsep yang meminimalisir jumlah sampah yaitu peserta membawa alat makan dan minum, konsep potluck, penyediaan tempat sampah sesuai kategori sampah, dan lain sebagainya. Kali ini IP Jakarta ingin memberikan tantangan bagi pada member-nya dengan melakukan Hijrah Nol Sampah. 

Hijrah Nol Sampah Journey IP Jakarta ini terbagi menjadi 2 kelas :

1. Kelas Langkah awal Hijrah nol sampah journey 
Ramadhan 1439 H

2. Kelas Istiqomah Hijrah Nol Sampah
Juli-Agustus 2018

Sementara Ramadhan Metamorph adalah program yg digagas Mba Enes dan IP pusat. Karena program ini selaras dengan program Hijrah Nol Sampah IP Jakarta maka dalam pelaksanaannya digabungkan dalam rangkaian program Hijrah Nol Sampah Journey IP Jakarta,  di kelas Langkah awal hijrah nol sampah journey

Ramadhan Metamorph sendiri merupakan sebuah langkah awal menuju Hijrah Nol Sampah. Pada kegiatan ini, proses metamorfosa difokuskan pada pakaian preloved. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan makeover pada baju sehingga "Baju Lama terasa Baru Kembali" maupun make over pakain preloved menjadi produk craft fungsional lainnya bersama dengan Rumbel Sew n Craft IP Jakarta. 


Proses metamorfosa ini dimulai dengan melakukan "Konmari: Kontrol Isi Lemari", barang yang telah disisihkan disalurkan ke dua kegiatan (1) Garage Sale/Proyek Berbagi untuk barang-barang layak jual, dan (2) Daur ulang bagi barang-barang yang tidak layak jual.

Adapun terkait Proyek Berbagi hasil kegiatan Konmari, IP Jakarta bersinergi dengan Kompak Lapak (Komunitas Pengepul Pakaian Layak Pakai) yang akan mendistribusikan pakaian kepada mereka yang membutuhkan. Peserta Ramadhan Metamorph dapat mengirimkan pakaian layak pakainya ke Kompak Lapak (Garasi Hijrah) yang beralamat di Jl. Kpbd Dalam No. 33, RT 9/RW 1, Sukabumi Sel., Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560 atas nama Sejuta Cinta IP Jakarta. 

Kemudian,  peserta Ramadhan Metamorph melakukan posting kegiatan Ramadhan Metamorph yang telah dilakukannya via instagram pada tanggal 21-26 Mei 2018 dengan ketentuan me-mention IG @ibuprofesionaljakarta serta menggunakan hashtag #hijrahnolsampah #ramadhanmetamorph #ibuprofesionaljakarta.


Berikut jadwal kelas langkah awal hijrah nol sampah journey IP Jakarta

1. Sosialisasi program Hijrah Nol Sampah Journey dan Ramadhan Metamorph di WAG IP Jakarta 1 dan 2 : Selasa, 8 Mei 2018.  Dalam kegiatan sosialisasi ini,  ada diskusi ringan terkait 5R : Refuse,  Reduce, Reuse, Repair,  Recycle oleh Rumbel Green n Organic. 

2. Kulwap Ramadhan Metamorph oleh Rumbel Sew n Craft : Rabu, 9 Mei 2018
di WAG IP Jakarta 1 dan 2.

3. Diswhap Konmari Method ala AHA Team : Kamis, 10 Mei 2018 di WAG IP Jakarta 1 dan 2.

4. Kulwap Menu Nol sampah oleh Rumbel Boga : Jumat, 11 Mei 2018 di WAG IP Jakarta 1 dan 2

Jadwal kelas Istiqomah Hijrah Nol Sampah

Member IP Jakarta yang berminat ikut tantangan Hijrah nol sampah journey dipersilahkan bergabung dalam WAG khusus “Kelas Istiqomah” yang akan dibuka mulai Juli sampai dengan Agustus 2018 dan menjalani serangkaian kegiatan Hijrah Nol Sampah Journey yaitu :

Submit Rencana Hijrah Nol sampah pada link : Rencana hijrah nol sampah 

Mendalami praktik Nol Sampah dalam kehidupan sehari-hari dan di-coaching oleh para pakar di bidangnya. Coaching akan dilakukan via WAG kelas istiqomah

Submit Jurnal Hijrah Nol Sampah pada link : Jurnal hijrah nol sampah

Rencana dan Jurnal Hijrah Nol Sampah akan diseleksi oleh Rumah Belajar Menulis (RBM) dan Tim Editor untuk dibuat menjadi Buku. Dan 3 penulis terbaik berhak mendapatkan hadiah menarik dari IP Jakarta. 

Yuk,  ikutan tantangan Hijrah nol sampah journey 💪❤

"Jika kebersihan sebagian daripada iman,  maka zerowaste adalah ibadah"
@zerowasteadventure
Post Comment
Post a Comment