Harmoni Keluarga Inspiratif

Idul Adha Yang Ditunggu Oleh Putri Maharani A.

Friday, August 9, 2019


Bagi anak-anak, Idul Adha adalah momen yang istimewa dan ditunggu. Alasan mereka sederhana, yaitu bisa melihat kambing dan sapi dimana-mana. Sehingga kemana pun akan terasa lebih seru dan serasa pula ke kebun binatang. Selain itu, seruan kekaguman karena melihat hewan kurban dipinggir jalan juga akan semakin sering tedengar, “wooowww, ada sapiiii. Sapinya besar sekali.” Yah, hitung-hitung hiburan gratis.
Kira-kira apa ya yang harus dipersiapkan kita sebagai orangtua untuk menyambut momen istimewa ini? Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan sebagai berikut :

  Berkisah tentang asal muasal Idul Adha

Untuk anak usia lima tahun keatas, kita sudah dapat berkisah mengenai kisah Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as. Tentu saja, untuk peristiwa penyembelihan Ismail cukup sekilas. Kita bisa menekankan betapa Nabi Ibrahim as sangat percaya dan mencintai Allah SWT dan begitu pula sebaliknya, Allah SWT sangat mencintai Nabi Ibrahim as, sehingga Ismail selamat karena digantikan oleh domba.
Bersiap juga yah jika ada pertanyaan mengapa hewan yang baik dikurbankan. Kita bisa menjelaskan bahwa tujuan berkurban bukan untuk menyakiti hewan, tetapi merupakan keikhlasan seseorang yang menyisihkan sebagian harta berharganya untuk beribadah kepada Allah SWT. Juga kita perlu menjelaskan, bahwa Islam sangat penuh kasih sayang. Sehingga, ada tata cara khusus dalam menyembelih hewan, agar hewan tidak merasa sakit ketika disembelih

2.      Ajak anak melihat hewan kurban

Biasanya, sebulan sebelum Idul Adha akan banyak penjual hewan kurban di pinggir jalan. Nah, ngga ada salahnya untuk ajak anak kita kesana untuk sekedar melihat-lihat. Siapkan hati yah kalau anak kita jadi bau kambing sepulang dari lihat kambing dan sapi. Karena biasanya juga, anak  dibolehkan untuk mengelus dan memberi makan. Aaah seru kan?!

3.      Ajak anak ikut membeli hewan kurban

Setelah anak diajak melihat hewan kurban dan ada niatan untuk membeli, maka sebaiknya anak juga diajak turut serta untuk memilihnya. Akan tumbuh rasa bangga di hatinya karena dipercaya oleh kita untuk ikut memilih, yang mana bisa menjadi kenangan indah dalam menyambut hari raya Idul Adha.
Saat memilih hewan kurban, kita juga bisa bercerita mengenai syarat-syarat hewan yang bisa dikurbankan. Misalnya jenis dan usia hewan kurbannya, sehat tanpa cacat, bukan hewan curian, dan disembelih di hari-hari tertentu.

4.      Ajak anak menabung untuk membeli hewan kurban

Berkurban adalah salah satu tanda cinta kita sebagai hamba kepada Allah SWT. Salah satu cara untuk  menumbuhkan rasa cinta anak, bisa melalui cerita bahwa Allah SWT. menyenangi kurban terbaik dari hambaNya dan Allah SWT. sangat menyenangi hambanya yang saling membantu dan berbagi. Oleh karena itu, agar kita bisa memberikan yang terbaik, tidak ada salahnya kita mengajak anak untuk menabung khusus membeli hewan kurban.
 
5.      Ajak anak untuk berperan serta saat pembagian daging kurban

Dengan kita mengajak anak ikut membagikan daging kurban, anak akan belajar bahwa ada kebahagiaan didalam berbagi. Selain itu, juga dapat meningkatkan rasa syukur terhadap Allah SWT.

Tentu cara mengenalkan makna Idul Adha ini perlu disesuaikan sesuai dengan usia anak dan setiap keluarga mempunyai ciri khas tersendiri. Oleh karena itu, apapun cara yang ditempuh untuk mengenalkan Idul Adha, jangan lupa untuk selalu bersenang-senang bersama  anak dalam menyambut hari raya Idul Adha ya.
1 comment on "Idul Adha Yang Ditunggu Oleh Putri Maharani A."
  1. Love it! Banyak pelajaran yang bisa diambil. Tulisannya bagus.

    ReplyDelete